Rabu, 02 November 2011

Resume Mata kuliah Arsitektur & Komputer


KOMPUTER

Komputer=computare (menghitung)=Alat hitung
1. Mesin yang dapat memecahkan berbagai masalah bagi manusia dengan memberikan instruksi-  instruksi(digital) kepada mesin itu.
2. Mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya,dan menghasilkan output berupa informasi.
3. Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
     • menerima input
     • memproses input tadi sesuai dengan programnya
     • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
     • menyediakan output dalam bentuk informasi
4. suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Fungsi komputer:

•Menulis (word processor)
•Menghitung neraca (spreadsheet)
•Membuat program (VB, Delphi, Java, dll)
•Bertukar data (jaringan/LAN)
•Bertukar data global(internet)
•Membuat animasi
•Membuat game
•Membuat lagu
•Dst..

Arsitektur & Organisasi komputer:

Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda
Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
 Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
 Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
 Memberikan  compatibilitas instruksi level mesin
 At least backwards
 Organisasi antar versi memiliki perbedaan

Struktur & Fungsi:

  Strukture adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
  Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur

FUNGSI
  Semua komputer memiliki 4 fungsi:
  Pengolahan data - Data processing
  Penyimpanan data - Data storage
  Pemindahan data - Data movement
  Kendali - Control.

Sejarah Komputer
 Pra Generasi:
1. Deference Engine
2. Analotic Engine

   Peralihan:
1.ABC
2. Harvard mask I
3. Tabung Hampa

Generasi:

1.  Generasi I:
Menyimpan dalam memori: ENIAC
        UNIVAC 1&2
2.   Generasi II:

- Transisi : DEC
                    UNIVAC III

3.  Generasi III: IBM
4. Generasi IV: LSI Fulsi
5. Generasi V : Pengembangan untuk LSI

ENIAC DETAIL:
      Menggunakan sistem Decimal (bukan binary)
      Memiliki 20 accumulator untuk 10 digits
      Diprogram secara manual melalui sakelar
      Berisi 18,000 vacuum tubes
      Berat 30 tons
      Luas 15,000 square feet
      Daya 140 kW
      Kecepatan: 5,000 penambahan per detik

IAS DETAIL:
      Kapasitas memori: 1000 x 40 bit words
     Menggunakan sistem bilangan Biner
     Panjang instruksi 20 bit ( 1 word = 2 instruksi )
      Register-register dalam CPU
     MBR (Memory Buffer Register)
     MAR (Memory Address Register)
     IR (Instruction Register)
     IBR (Instruction Buffer Register)
     PC (Program Counter)
     AC (Accumulator)
     MQ (Multiplier Quotient)

SEJARAH PERANGKAT LUNAK

Perkembangan perangkat lunak:

Di bedakan atas:
      Perangkatlunaksebelumkomputergenerasipertama
      Perangkatlunaksemasakomputergenerasipertama
      Perkembanganbahasapemrogramantingkattinggi
      Perkembanganperangkatlunakpaketaplikasi
      Perkembanganperangkatlunaksistemoperasi

Central Processing Unit(CPU)

  • Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
  • komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya
  • Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU
  • tersusun atas beberapa komponen
Komponen Utama CPU

  • Arithmetic and Logic Unit (ALU)
  • Control Unit
  • Registers
  • CPU Interconnections
Fungsi CPU

  • Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi –instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
  • Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute).
Aksi CPU

  • CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
  • memori dan sebaliknya.
  • CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O
  • dan sebaliknya.
  • Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
  • aritmatika dan logika terhadap data.
  • Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan
  • fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan
  • urusan eksekusi.

Perancangan Kinerja Bus Sistem

Konsep Program
1.Pemrograman (hardware) merupakan proses penghu-bungan  berbagai komponen logik pada konfigurasi yang diinginkan untuk membentuk operasi aritmatik dan logik pada data tertentu 
2. Hardwired program tidak flexibel
3.  General purpose hardware dapat mengerjakan berbagai macam tugas tergantung sinyal kendali yang diberikan
4. Daripada melakukan  re-wiring, Lebih baik menambah-kan sinyal-sinyal kendali yang baru

Program ?

-  Adalah suatu deretan langkah-langkah
-  Pada setiap langkah, dikerjakan suatu operasi arithmetic atau logical
-  Pada setiap operasi, diperlukan sejumlah sinyal kendali tertentu

Fungsi Control Unit

Untuk setiap operasi disediakan kode yang unik
-  Contoh: ADD, MOVE
-  Bagian hardware tertentu menerima kode tersebut kemudian menghasilkan sinyal-sinyal kendali
-  Jadilah komputer!

Komponen yang diperlukan
-  Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU) membentuk Central Processing Unit (CPU)
-  Data dan instruksi harus diberikan ke sistem dan dikeluarkan dari sistem
-  Input/output
-  Diperlukan tempat untuk menyimpan sementara kode instruksi dan hasil operasi.
-  Main memory.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar