KOMPUTER
Komputer=computare
(menghitung)=Alat hitung
1. Mesin yang dapat
memecahkan berbagai masalah bagi manusia dengan memberikan instruksi- instruksi(digital) kepada mesin itu.
2. Mesin penghitung
elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya,dan menghasilkan
output berupa informasi.
3. Suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
• menerima input
• memproses input
tadi sesuai dengan programnya
• menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
• menyediakan
output dalam bentuk informasi
4. suatu pemroses
data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan
aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Fungsi komputer:
•Menulis (word
processor)
•Menghitung
neraca (spreadsheet)
•Membuat program
(VB, Delphi, Java, dll)
•Bertukar data
(jaringan/LAN)
•Bertukar data
global(internet)
•Membuat animasi
•Membuat game
•Membuat lagu
•Dst..
Arsitektur & Organisasi komputer:
Arsitektur
sama, organisasi dapat berbeda
Arsitektur
bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
Semua
Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
Famili
IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
Memberikan compatibilitas
instruksi level mesin
At least backwards
Organisasi antar versi memiliki
perbedaan
Struktur & Fungsi:
Strukture
adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
Fungsi
merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
FUNGSI
Semua komputer memiliki 4 fungsi:
Pengolahan data - Data processing
Penyimpanan data - Data storage
Pemindahan data - Data movement
Kendali - Control.
Sejarah Komputer
Pra Generasi:
1. Deference Engine
2. Analotic Engine
Peralihan:
1.ABC
2. Harvard mask I
3. Tabung Hampa
Generasi:
1. Generasi I:
- Menyimpan dalam memori: ENIAC
UNIVAC 1&2
2.
Generasi II:
- Transisi : DEC
UNIVAC III
3. Generasi III: IBM
4. Generasi IV: LSI Fulsi
5. Generasi V : Pengembangan untuk
LSI
ENIAC
DETAIL:
•
Menggunakan
sistem Decimal (bukan binary)
•
Memiliki 20 accumulator untuk 10 digits
•
Diprogram secara manual melalui sakelar
•
Berisi
18,000 vacuum tubes
•
Berat 30
tons
•
Luas
15,000 square feet
•
Daya 140
kW
•
Kecepatan:
5,000 penambahan per detik
IAS DETAIL:
•
Kapasitas
memori: 1000 x 40 bit words
– Menggunakan sistem bilangan Biner
– Panjang instruksi 20 bit ( 1 word = 2 instruksi
)
•
Register-register
dalam CPU
– MBR (Memory Buffer
Register)
– MAR (Memory Address
Register)
– IR (Instruction
Register)
– IBR (Instruction Buffer
Register)
– PC (Program Counter)
– AC (Accumulator)
– MQ (Multiplier Quotient)
SEJARAH PERANGKAT LUNAK
Perkembangan perangkat lunak:
Di bedakan atas:
•
–Perangkatlunaksebelumkomputergenerasipertama
•
–Perangkatlunaksemasakomputergenerasipertama
•
–Perkembanganbahasapemrogramantingkattinggi
•
–Perkembanganperangkatlunakpaketaplikasi
•
–Perkembanganperangkatlunaksistemoperasi
Central Processing
Unit(CPU)
- Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
- komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya
- Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU
- tersusun atas beberapa komponen
Komponen Utama CPU
- Arithmetic and Logic Unit (ALU)
- Control Unit
- Registers
- CPU Interconnections
Fungsi CPU
- Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi –instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
- Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute).
Aksi CPU
- CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
- memori dan sebaliknya.
- CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O
- dan sebaliknya.
- Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
- aritmatika dan logika terhadap data.
- Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan
- fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan
- urusan eksekusi.
Perancangan Kinerja Bus
Sistem
Konsep Program
1.Pemrograman
(hardware) merupakan proses penghu-bungan
berbagai komponen logik pada konfigurasi yang diinginkan untuk membentuk
operasi aritmatik dan logik pada data tertentu
2. Hardwired program tidak flexibel
3. General purpose hardware dapat mengerjakan berbagai macam tugas
tergantung sinyal kendali yang diberikan
4. Daripada
melakukan re-wiring, Lebih baik
menambah-kan sinyal-sinyal kendali yang baru
Program ?
- Adalah suatu deretan langkah-langkah
- Pada setiap langkah, dikerjakan suatu operasi arithmetic atau logical
- Pada setiap operasi, diperlukan sejumlah sinyal kendali tertentu
Fungsi Control Unit
-
Untuk
setiap operasi disediakan kode yang unik
- Contoh: ADD, MOVE
-
Bagian
hardware tertentu menerima kode tersebut kemudian menghasilkan sinyal-sinyal
kendali
- Jadilah komputer!
Komponen yang diperlukan
- Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit
(ALU) membentuk Central Processing Unit (CPU)
-
Data
dan instruksi harus diberikan ke sistem dan dikeluarkan dari sistem
- Input/output
-
Diperlukan
tempat untuk menyimpan sementara kode instruksi dan hasil operasi.
- Main memory.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar